Jumat, 16 November 2012

Kelebihan Daihatsu Ayla dan Kelebihan Toyota Agya serta perbedaannya dengan mobil lain

PT Tata Motors Indonesia mengklaim mobil city car Tata Nano adalah mobil termurah di dunia. Namun tidak berapa lama Grup Astra digawangi Toyota-Daihatsu melahirkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
PT Tata Motors Indonesia selaku anak usaha perusahaan otomotif asal India berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi Tata Nano di kawasan ASEAN. Mereka menyiapkan model-model yang hampir mengisi pada semua segmen di pasar mobil Indonesia, meliputi kelas city car, MPV, pick-up niaga berbagai ukuran, bahkan bus.
Tata Nano sepertinya jauh lebih mahal daripada harganya di India karena pajak, yakni di kisaran Rp 80 juta. Sementara itu Daihatsu Ayla sebagai senjata utama Toyota Agya di segmen menengah dan menengah ke bawah kemungkinan besar dibanderol dengan harga Rp 75 juta (varian termurah).Daihatsu Ayla akan dipasarkan dalam tiga varian dengan kode D, M dan X. Varian D sebagai yang termurah dilepas dengan harga Rp 75 juta tanpa AC dan sistem hiburan audio. Varian M tersedia dalam 2 pilihan transmisi dengan perbedaan harga Rp 10 juta (M/T Rp 80 juta, sedangkan A/T Rp 90 juta). Adapun varian X sebagai yang termahal juga dipasarkan dengan pilihan dua transmisi, M/T Rp 88 juta dan A/T Rp 100 juta. Baik Ayla maupun Agya dipasangi mesin 3 silinder 1.000 cc dengan konsumsi bahan bakar 22 km per liter. Sementara, Tata Nano menggunakan mesin 624 cc dengan peningkatan tenaga menjadi 38 hp.
Mobil ini bisa dikebut hingga 105 km/h. Mobil ini juga mampu melaju pada tanjakan dengan sudut kemiringan 30 derajat dan radius putar hanya 4 meter alias handal di ruang sempit. Dengan bobot 600 kg, konsumsi bahan bakarnya diklaim 25,4 km/liter. Tapi menurut saya pribadi Daihatsu Ayla dan Toyota Agya lebih murah, lebih lengkap dan lebih handal. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar